Saat – Saat Buku Ishihara Akan Digunakan

Saturday, February 7th 2015. | BUKU ISHIHARA PELAYARAN

Seringkali beberapa kalangan memang masih belum tau apa itu buku tes buta warna atau yang biasa disebut dengan buku ishihara dan atau buku tokek. Hal ini sangatlah wajar, karena memang buku ini termasuk barang langka, tidak pernah kita jumpai di sembarang tempat dan bahkan di toko buku sekalipun.

Banyak orang bertanya, apa itu buku ishihara? Banyak pula yang bertanya apa kegunaannya?

Sekedar mencuplik kembali definisi buku tsb. Buku ishihara adalah buku yang dipakai dalam tes buta warna yang mana buku tersebut berisi kumpulan bulatan – bulatan warna yang dicampur menjadi 1. Siapapun yang dites menggunakan buku ini, maka akan bisa diketahui, siapa yang buta warna dan siapa yang normal.

Nah, setelah mengetahui definisinya, ini adalah gambarnya:

buku-ishihara

Lantas, pada saat apa sajakah buku ini akan digunakan? Yang jelas, buku ini biasa digunakan saat ada medical check up di sebuah institusi baik swasta, negeri, sekolah tinggi, penerimaan karyawan atau penerimaan pegawai serta pada saat akan melancong ke luar negeri menjadi TKI dan magang di negara lain.

Di Saat ada tes kesehatan, di sana pasti ada tes buta warna. Biasanya tes tersebut ada di beberapa instansi di antaranya:

1. Instansi militer yaitu TNI. Tes masuk TNI baik di seleksi tamtama, bintara maupun perwira, pasti akan menemui tes buta warna ini. Buku buta warna adalah sebuah keniscayaan yang harus dilewati oleh para calon prajurit. Jangan harap bagi anda yang buta warna untuk bisa masuk menjadi anggota TNI, kecuali anda telah belajar membaca buku ishihara sehingga kadar buta warna anda membaik.

2. Institusi kepolisian. Tes masuk POLRI juga ada tes kesehatan yang juga tidak kalah ketatnya dibandingkan TNI. Yang menjadi momok tentu saja tes buta warna. Maka bagi anda yang buta warna namun memiliki mimpi jadi polisi, anda harus memperbaiki kondisi buta warna anda menjadi lebih ringan sehingga anda bisa melihat buku ishihara, walaupun samar.

3. Pelayaran dan Penerbangan. Tes di sini tidak kalah disiplinnya dengan TNI dan POLRI. Akan tetapi mungkin di pelayaran sedikit lebih bisa bernafas lega. Karena ada beberapa perusahaan yang dia tidak memasukkan tes buta warna dalam list rangkaian tes rekruitmen pegawai mereka.

4. Masuk kerja di perusahaan maupun bank, swasta atau BUMN. Ya, menjadi sebuah kepastian jika anda akan masuk sebuah perusahaan atau bank, entah itu BUMN atau swasta, anda akan dites kesehatan yang salah satu tesnya adalah tes buta warna. Di sini, buku ishihara akan kembali berperan, bisa loloskah anda dari tes tersebut.

5. Magang ke luar negeri. Ini biasanya dialami oleh para pelajar yang mendapatkan tawaran magang ke luar negeri dari instansi pemerintahan.

6. Masuk kuliah atau sekolah tinggi umum maupun kejuruan. Biasanya tes kesehatan untuk masuk kuliah hanya formalitas saja. Akan tetapi, khusus untuk tes buta warnanya, akan tetap menjadi prioritas utama bagi mereka untuk menentukan diterimanya anda jadi mahasiswa di kampus tersebut atau ditolak. So, berlatihlah membaca buku ishihara sekarang juga jika anda merasa buta warna dan khawatir tidak lolos tes kesehatan di sini.

Nah, cukup kan informasinya. Semoga bermanfaat ya. Tulisan ini adalah murni dari bukuishihara.com atau CV. Fitrah Cemerlang. Jika di kemudian hari anda menemukan tulisan serupa dengan ini, tapi tanggal penulisannya bukan tanggal 8 Februari 2015, maka bisa dipastikan artikel tersebut adalah copy paste hak cipta kami. :-)

Incoming search terms:

  • apakah tamtama boleh buta warna
  • buku ishara yang digunakan untuk polri
  • buku ishihara di luar negeri
  • Buku ishihara yang biasa digunakan dalam tes pekerjaa
  • buku ishihara yang biasa digunakan saat tes
  • byku ishihara yang sering digunakan saat mcu
  • ishihara yang digunakan saat medical check up
  • tki untuk buta warna
  • Urutan ke berapa tes istihara saat mcu
tags: , , ,