Buta Warna & Trik Jitu Mengatasinya, Cek Di Sini…!

Tuesday, March 17th 2015. | BUTA WARNA

Sepenggal Kisah Tentang Buta Warna

buta-warnaAda sebuah cerita menarik terkait buta warna. Pernah suatu ketika, sebut saja namanya Budi, mengalami kejadian yang tidak pernah ia duga sebelumnya. Saat itu dia cukup terpukul dengan apa yang baru saja dia alami. Ya, mengawali serangkaian tes seleksi penerimaan karyawan di sebuah perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, dia merasa percaya diri dan yakin akan kemampuan dirinya.

Mulai dari tes psikologi, interview user, interview dengan direktur hingga tes kesehatan ia jalani dengan lancar. Namun saat pengumuman terakhir, dia malah tidak diterima. Saat ditelisik apa gerangan penyebab dia tidak diterima masuk ke perusahaan tersebut? Psikotest bisa dijawab semua, pertanyaan – pertanyaan saat interview bisa dijawab dengan maksimal. Dia juga merasa punya fisik yang prima dan ga gampang sakit. Lantas apa yang menyebabkan dia gagal lolos? Aaaaarrgh, dia baru sadar. Bahwa saat tes kesehatan bagian mata, dia tidak bisa melihat beberapa lembar dari buku yang berisi bulatan – bulatan warna yang kemudian diketahui ternyata itu namanya buku ishihara. Berarti dia gagal saat test buta warna yang berarti dia mengalami buta warna parsial.

Jadi…? Si Budi mengalami buta warna? Ya, tentu saja…

Setiap orang yang tidak mampu melihat buku ishihara dengan jelas, dia dikategorikan buta warna parsial. Jika semua lembar tidak ada satupun yang terjawab, maka dia adalah seorang buta warna total.

Cek Apa Anda Buta Warna atau Tidak…?

Sejenak luangkan waktu anda untuk melihat gambar ini. Angka berapakah yang tertera pada gambar di bawah?

buta-warna

buta-warna

buta-warnaBisakah anda menjawab? Jika jawaban anda adalah maka selamat, anda tidak buta warna. Tapi jika selain itu, maka anda perlu KLIK DI SINI.

Ada beberapa cara untuk membuktikan apakah anda buta warna atau tidak. Salah satunya adalah dengan tes buta warna. Dimana anda akan dituntut untuk bisa menebak seluruh angka yang ada di dalam buku ishihara secara tepat dan dengan jawaban yang mantab. Tidak boleh sedikitpun anda ragu. Biasanya tes buta warna ini akan digunakan sebagai bahan acuan seseorang untuk bisa diterima di sebuah sekolah, universitas, perusahaan, TNI, Polri, Pelayaran dan instansi lain. Di beberapa website, mereka menyediakan tes buta warna online. Hal ini bisa sesekali anda coba, tapi jangan terlalu berharap pada tes seperti itu. Karena jika anda lakukan cukup sering, maka resikonya mata anda bisa rusak.

Buta Warna Adalah…

Buta warna adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa kesulitan untuk melihat warna saat warna – warna tersebut dikumpulkan dalam satu bidang. Orang yang terkena buta warna parsial tetap bisa membedakan warna merah, hijau dan kuning jika warna tersebut berdiri sendiri – sendiri (tidak dicampur). Nah, ketika warna – warna itu dijadikan satu dalam sebuah tempat, maka saat itu akan terlihat, siapa yang normal dan siapa orang yang buta warna.
Ada 3 jenis buta warna menurut para pakar kesehatan:
  • Buta warna protan, adalah seseorang yang tidak bisa menangkap spektrum warna merah. Dalam kata lain, mata kurang sensitif terhadap warna merah. Jadi saat menengok warna merah, matanya seperti menatap warna jingga.
  • Buta warna deutan, adalahseseorang yang kurang tanggap dalam menangkap spektrum warna hijau. Dalam kata lain, mata orang tersebut sangat susah melihat terhadap warna hijaunya kurang. Jadi saat tes buta warna, dia kurang bisa melihat warna hijau.
  • Buta warna tritan, adalah sebuah kondisi dimana mata manusia kurang bisa menangkap spektrum warna biru. Dalam kata lain, sensitifitas mata terhadap warna biru kurang. Sehingga saat tes buta warna, warna biru menjadi susah terlihat.

Penyebab Buta Warna

  1. Buta warna terjadi karena keturunan, sehingga buta warna bukanlah sebuah penyakit. Buta warna ini tidak bisa disembuhkan. Bagaimana mau sembuh, kan bukan penyakit. Hehehe… Buta warna ini terjadi karena warisan kromosom X pada seorang laki – laki buta warna, terbawa kepada anak perempuannya. Sehingga bisa dipastikan cucu dari seorang laki – laki buta warna, pasti akan mengalami buta warna. Mengapa wanita tidak akan mengalami buta warna? Ya, karena wanita memiliki kromosom XX sehingga dia mewarisi gen X buta warna dari sang ayah, dia masih memiliki kromosom X cadangan yang bisa membuat aman dari ancaman colour blindness.
  2. Sel kerucut yang tidak normal, atau bahkan tidak adanya sel kerucut, bisa juga menjadikan penyebab seseorang terkena buta warna. Hal ini disebabkan oleh fungsi sel kerucut yang memang berperan sebagai penerima spektrum warna. Sehingga jika sel kerucutnya tidak normal, maka bisa dipastikan seseorang itu mengalami buta warna.
  3. Karena mengalami kecelakaan. Kecelakaan atau benturan keras, bisa merusakkan sel kerucut pada retina. Dan ini sangat berbahaya, bisa menyebabkan seseorang buta warna.\

Ciri – Ciri Seorang Anak Terkena Buta Warna

Sebenarnya buta warna sudah bisa kita deteksi semenjak dini. Bahkan saat masih balita. Asalkan dia sudah mengerti definisi warna, maka sangat mudah untuk dibuktikan apakah dia buta warna atau tidak. Berikut ciri – ciri buta warna

  1. Seringkali salah dalam menyebut nama warna
  2. Warna yang relatif muda, seakan terlihat seperti warna putih
  3. Saat mewarnai gambar, bisa jadi bali tersebut salah menggunakan warna
  4. Sulit membedakan warna merah dan hijau
  5. Penglihatan menjadi lebih tajam di malam hari

Cara Mengatasi Mengobati Menyembuhkan Buta Warna

Tidak ada cara khusus untuk bisa sembuh dari buta warna karena buta warna bukanlah sebuah penyakit. Akan tetapi untuk bisa lolos tes buta warna atau bisa membaca buku ishihara, itu sangatlah mungkin. Silakan cek di sini untuk mengetahui Cara Mengatasi Mengobati Menyembuhkan Buta Warna.

Pekerjaan Yang Sesuai Untuk Seorang Yang Buta Warna

Banyak sebenanrnya lowongan pekerjaan untuk seorang yang buta warna. Hanya saja banyak di antara seorang yang buta warna sudah sejak awal merasa frustasi dan putus harapan. Sehingga terkesan tidak ada pekerjaan untuk penderita buta warna seperti mereka. Padahal sangat banyak peluang dan lowongan kerja yang mau menerima seorang buta warna sebagai karyawan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Posisi marketing perusahaan
  2. Posisi hukum/accounting di perusahaan
  3. Posisi administrasi di perusahaan
  4. Menjadi PNS di pemerintahan daerah non badan
  5. Menjadi PNS guru
  6. Menjadi pengusaha kerajinan atau usaha yang lain

Semoga sekilas informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua, para pelanggan www.bukuishihara.com

Incoming search terms:

  • buku buta warna
  • tes buta warna sulit
  • cara lolos tes buta warna
  • cara melewati tes buta warna dengan mudah
  • buta warna
  • Tes buta warna tni ad
  • buku test buta warna
  • trik tes buta warna
  • tes warna
  • buku tes warna
tags: , , ,